07.20

E-reader Masa Depan

Oleh:

Nimas Novi Dwi Arini 210110080009

Agne Yasa 210110080012


Perkembangan e-book, e-paper, dan e-magazine sangat pesat beberapa tahun ke belakang. Di tambah lagi dengan peluncuran-peluncuran piranti atau alat untuk membaca e-book, e-paper, dan e-magazine yang sudah tersedia di pasaran. Seperti halnya iPad yang diluncurkan oleh Apple baru-baru ini merebut banyak pembeli. Apalagi dengan isu-isu pemanasan global yang dikaitakan dengan pemakaian kertas untuk pembuatan majalah, koran, dan buku maka e-reader menjadi sebuah jawaban yang pas pada kondisi yang sedang berkembang sekarang ini.

Sudah ada beberpa e-reader yang ada di pasaran seperti iPad keluaran Apple, iRex keluaran Philips, Kindle keluaran Amzon, dan juga Booken. Piranti-piranti sudah beredar luas di pasaran dan peminatnya sangat banyak. Dari segi ukuran kebanyakan dari e-book reader ini berkisar 8 inci sampai 10 inci. Kebanyakan dari e-reader yang telah tersedia di pasaran masih berbentuk kaku dan tidak fleksibel walaupun sudah menggunakan teknologi touchscreen.

Dengan hadirnya sebuah teknologi yang bernama e-ink memungkinkan sekali jika 10 tahun mendatang e-reader akan berukuran 113.3 x 63 x 11.95 mm. E-reader masa depan ini bisa dibuka menjadi ukuran 176x250 mm dengan ketebalan 2 mm. Dengn e-reder masa depan ini maka sangat memudahkan piranti untuk di bawa ke mana-mana dan fleksibel karena bisa dilipat menjadi seukuran kertas B5. Selain itu piranti ini juga tergolong cukup ringan yaitu 107.7 gram. Selain bisa dilipat-lipat piranti ini juga berreoslusi tinggi jadi gambar atau tampilan yang dihasilkan sudah sangat bagus dan berwarna.

Dengan aplikasi yang memudahkan pekerjaan penggunanya, seperti akses web, email, video, musik, peta yang memang sudah ada pada e-reader sebelumnya. Kita dapat berandai-andai. Dalam 10 tahun ke depan, teknologi e-reader ini akan lebih banyak fungsinya, seperti fungsi GPS, fungsi penerjemah bahasa sehingga selain mudah dibawa dalam perjalanan juga bermanfaat dalam perjalanan sebagai pemandu yang juga multifungsi.

Nantinya, e-reader ini dapat digunakan bagi orang dengan mobilitas tinggi dan tingkat kesibukan yang besar sehingga membutuhkan piranti yang mudah dibawa,serta efektif, dan efisien.

Referensi:

http://www.eink.com/kits/index.html

http://www.irexreader.eu/

http://www.bookeen.com/specs/ebook-CybookOpus.aspx

http://www.amazon.com/Kindle-Wireless-Reading-Display-Generation/dp/B0015T963C/ref=dp_ob_title_def?ie=UTF8&qid=1195482400&sr=53-1

http://www.apple.com/ipad/features/

0 komentar:

Posting Komentar